Yuk Kenalin Jenis-Jenis Masker Untuk Cegah Virus Corona!

masker bedah

Di tengah pandemik global covid-19 yang sukses menguncangkan dunia, penting loh bagi teman-teman untuk tetap berada di rumah. Tujuan dari tetap berada di rumah adalah untuk memutus rantai penyebaran virus covid-19 yang dapat menular melalui cairan. Walaupun harus tetap berada di rumah, mungkin beberapa dari teman-teman masih harus beraktifitas di luar rumah. Nah ketika beraktifitas di luar rumah, teman-teman wajib tuh namanya menggunakan masker guna mencegah infeksi dari virus covid-19. Walaupun katanya masker bisa mencegah virus covid-19 tetapi ternyata ga semua masker bisa mencegah dengan efektif loh! Oleh karenna itu yuk kenalin jenis-jenis masker yang beredar di pasaran:

  1. Masker Kain

Masker kain dapat digunakan untuk mencegah penularan sekaligus mengantisipasi kelangkaan masker yang terjadi di pasar seperto apotek dan toko-toko kesehatan. Masker kain yang dibuat perlu memiliki 3 (tiga) lapisan yaitu lapisan non-anyaman tahan air (depan), microfibre melt-Masker kain dapat digunakan buat mencegah penularan sekaligus mengantisipasi kelangkaan masker yg terjadi di pasar seperto apotek & toko-toko kesehatan. Masker kain yg dibuat perlu mempunyai 3 (3) lapisan yaitu lapisan non-anyaman tahan air (depan), microfibre melt-blown kain non-anyaman (tengah), dan kain biasa non-tenunan (belakang). Masker kain perlu dicuci dan dapat dipakai berkali-kali. Bahan yang digunakan buat masker kain berupa bahan kain katun, scarf, & sebagainya.

2. Masker Bedah / Surgical mask 3 ply

Masker Bedah 3 ply (sumber: http://www.tribunnews.com)

Masker Bedah memiliki tiga lapisan (layers) yaitu lapisan luar kain tanpa anyaman kedap air, lapisan dalam yang merupakan lapisan filter densitas tinggi dan lapisan dalam yang menempel langsung dengan kulit yang berfungsi sebagai penyerap cairan berukuran besar yang keluar dari pemakai ketika batuk maupun bersin. Karena memiliki lapisan filter ini, masker bedah efektif untuk menyaring droplet yang keluar dari pemakai ketika batuk atau bersin. Namun lapisan ini bukan merupakan barier proteksi pernapasan karena tidak bisa melindungi pemakai dari terhirupnya partikel airborne yang lebih kecil. Dengan begitu, masker ini direkMasker Bedah memiliki 3 lapisan (layers) yaitu lapisan luar kain tanpa anyaman kedap air, lapisan dalam yang merupakan lapisan filter densitas tinggi dan lapisan pada yg melekat langsung dengan kulit yang berfungsi sebagai penyerap cairan berukuran akbar yg keluar dari pemakai ketika batuk juga bersin. Karena mempunyai lapisan filter ini, masker bedah efektif untuk menyaring droplet yang keluar berdasarkan pemakai waktu batuk atau bersin. Tetapi lapisan ini bukan adalah barier perlindungan pernapasan karena tidak bisa melindungi pemakai dari terhirupnya partikel airborne yang lebih kecil. Dengan begitu, masker ini direkomendasikan buat rakyat yang menunjukan gejala-tanda-tanda flu atau influenza yakni batuk, bersin- bersin, hidung berair, demam, nyeri tenggorokan. Masker ini pula bisa digunakann sang energi medis di fasilitas layanan kesehatan.

3. Masker N95 (atau ekuivalen)

Masker N95 adalah masker yang lazim dibicarakan dan merupakan kelompok masker Filtering Facepiece Respirator (FFR) sekali pakai (disposable). Kelompok jenis masker ini memiliki kelebihan tidak hanya Masker N95 merupakan masker yg lazim dibicarakan & merupakan kelompok masker Filtering Facepiece Respirator (FFR) sekali pakai (disposable). Kelompok jenis masker ini mempunyai kelebihan nir hanya melindungi pemakai menurut paparan cairan dengan berukuran droplet, tapi pula cairan sampai berukuran aerosol. Masker jenis ini pun memiliki face seal fit yg ketat sebagai akibatnya mendukung pemakai terhindar menurut paparan aerosol asalkan seal fit dipastikan terpasang menggunakan sahih.

4. Reusable Facepiece Respirator

Tipe masker ini memiliki keefektifan filter lebih tinggi dibanding N95 meskipun tergantung filter yang digunakan. Karena mempunyai kemampuan filter lebih tinggi dibanding N95, tipe masker ini dapat juga menyaring sampai bentuk gas. Tipe masker ini direkomendasikan dan lazim digunakan buat pekerjaan yang mempunyai risiko tinggi terpapar gas-gas berbahaya. Tipe masker ini dapat digunakan berkali- kali selama face seal nir belum rusak & harus dibersihkan dengan disinfektan secara benar sebelum digunakan kembali.

Yuk jaga kesehatan kalian di tengah pandemi covid-19 ini dengan mengonsumsi makanan & minuman yang sehat dan bergizi. Buah-buahan dipercaya dapat meningkatkan imunitas tubuh, salah satu buah yang populer adalah buah naga yang kaya akan antioksidan. Bosen makan buah naga yang cuma dipotong aja? yuk cobain varian minuman buah naga di http://www.frugonindonesia.com yang enak dan menyehatkan.